Destined To Be Great

Wednesday, November 19, 2014

Membangun Komunikasi Yang Efektif

Komunikasi merupakan hal yang sangat vital bagi kita dalam kehidupan sehari-hari, karena segala hal yang kita lakukan memerlukan kemampuan untuk berkomunikasi yang baik. Skill Komunikasi yang baik akan membuat Anda bisa maju dalam segala aspek kehidupan Anda, baik pribadi, hubungan dengan orang-orang terdekat maupun dalam pekerjaan atau karir Anda. Komunikasi pada dasarnya adalah proses berbicara dan menyimak dengan tujuan akhir pemahaman bersama tentang suatu hal yang menjadi topik komunikasi.

Komunikasi Efektif terjadi apabila kedua belah pihak mencapai pemahaman bersama sehingga kesalahpahaman bisa dihindari. Agar komunikasi Efektif maka kita harus membangun kompetensi yang diperlukan untuk membangun skill komunikasi, kita menyebutnya kompetensi komunikasi.

Kompetensi Komunikasi dibangun oleh tiga aspek yaitu Attitude, Knowledge dan Skill. Semakin tinggi ketiga aspek tersebut dalam diri Anda maka sudah dapat dipastikan bahwa komunikasi Anda akan menjadi efektif dengan semua yang terlibat dalam interakasi bersama Anda.

Oleh karena itu untuk mencapai Kompetensi Komunikasi yang tinggi berikut Tips untuk membangunnya :

 ATTITUDE
Attitude merupakan komponen yang tidak kelihatan dari kompetensi komunikasi, tetapi merupakan yang paling penting karena Attitude kita menentukan bagaimana respond kita dalam proses komunikasi.
Agar Attitude kita baik dan mendukung keberhasilan komunikasi kita, maka penting bagi kita belajar reframing.
Reframing adalah proses dimana kita berusaha melihat suatu kejadian dengan memakai bingkai yang baru yang positif dan membangun.
Tools yang bisa kita pakai namanya adalah Question thinking yaitu alat bantu yang bisa membantu mengubah pemikiran, tindakan dan hasil yang dicapai melalui ketrampilan mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri atau orang lain

KNOWLEDGE
Knowledge is power. Semakin Anda mendalami ilmu yang terkait dengan bidang apapun yang Anda tekuni, bisa dipastikan bahwa Anda akan menjadi orang yang hebat di bidang tersebut.
Ambil waktu dan perbanyak jam terbang Anda untuk belajar, belajar dan belajar.


SKILL 
Skill dalam komunikasi ditentukan bagaimana kita menampilkan diri, bagaimana kita bersuara dan apa yang kita katakan.
Penampilan memegang peranan sebesar 55% menurut survey, sehingga Anda harus belajar untuk membangun penampilan yang baik yang bisa mempresentasikan siapa diri Anda yang sesungguhnya.

Suara, meliputi intonasi kita, kejelasan kita berkata-kata memegang peranang sebesar 38%. Apabila Anda banyak memerlukan kemampuan komunikasi yang bagus cobalah untuk merekam suara Anda dalam berbicara dan evaluasilah apakah cara Anda berbicara sudah bagus atau masih perlu ditingkatkan terus.
Perkataan hanya memegang peranan 7% apa yang kita katakan akan dipengaruhi oleh knowledge yang kita punyai.

Oleh karena itu saat ingin menjadi komunikator yang handal mulai membangun skala prioritas dengan bagaimana Anda akan menampilkan Diri, bersuara dan baru bagaimana Anda berkata-kata.

Selamat berkomunikasi dan menjadi komunikator yang handal.




Dapatkan Artikel saya langsung ke email anda, masukkan email anda :

0 comments:

© Jafeto, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena