Destined To Be Great

Thursday, November 27, 2014

Membangun Komunikasi Efektif II ~ Attitude Dalam Komunikasi Efektif

Seperti yang telah kita pelajari bersama di bagian yang pertama tentang Membangun Komunikasi Efektif, saat ini kita akan membahas lebih dalam tentang Attitude dalam komunikasi Efektif.

Ability is what you’re capable of doing. Motivation determines what you do. Attitude determines how well you do it - Lou Holtz

Quote diatas kurang lebih berbicara bahwa Attitude kita menentukan seberapa baik hal yang kita lakukan.  Komunikasi Efektif yang bertujuan untuk membuat kita maju menjadi yang terbaik dalam segala aspek kehidupan, baik pribadi, keluarga maupun karir sangat ditentukan oleh Attitude kita. Bahkan bisa dikatakan dengan tegas bahwa hal mendasar yang membedakan seorang yang profesional dan amatir adalah Attitude mereka ketika mengerjakan sesuatu.

Jika diibaratkan dengan Gunung Es, maka Attitude adalah aspek yang tidak kelihatan yg berada dibawah air, tetapi memiliki pengaruh yang besar sekali dalam komunikasi kita.

Attitude kita dipengaruhi apa yang menjadi persepsi kita terhadap diri sendiri, orang lain maupun hal-hal yang terjadi dalam hidup kita. Artinya apabila persepsi kita negatif dapat dipastikan Attitude kita menjadi negatif dan perilaku kita yang kita tampilkan didepan banyak orang juga menjadi negatif.

Lalu bagaimana supaya kita bisa menjaga Attitude kita tetap positif?

1.  Fokus pada cara menghadapi masalah bukan pada masalahnya.
Menurut 16 Prinsip Dasar Terapi Satir ada satu prinsip yang seperti ini “Yang menjadi masalah bukan masalahnya, yang menjadi masalah adalah cara menghadapi masalah.” Hal ini menggambarkan bahwa masalah yang sama bisa memiliki hasil yang berbeda ketika cara menghadapinya berbeda.
Jika masih ingat, Lumpur Lapindo adalah salah satu tragedi yang terjadi di bangsa kita, banyak orang yang kehilangan harta benda, tempat tinggal dan kenangan yang mereka miliki. Tetapi ditangan dua orang Dosen ITS yang bernama Lukman Noerochim dan Amien Widodo, lumpur panas tersebut disulap menjadi baterai lithium. Yang bukan mustahil bila dikembangkan akan menjadi industri yang berguna.
Itu adalah satu dari sekian banyak bukti bahwa Attitude bisa membuat hasil yang berbeda sekalipun masalahnya sama.
Jadi latihlah diri kita untuk fokus menghadapi masalah dengan Attitude yang positif sehingga nantinya ketika masalah yang kita hadapi selesai maka kita bisa mendapatkan hasil yang positif juga.

2. Belajar mengubah Persepsi dengan Reframing.
Reframing berarti membingkai ulang suatu kejadian. Satu peristiwa yang sama bisa diartikan berbeda oleh orang yang berbeda. Hal ini dapat terjadi karena persepsi atau cara pandang masing masing orang berbeda. Jadi persepsi adalah sesuatu yang subyektif. Persepsi seseorang adalah benar bagi yang punya persepsi, belum tentu benar bagi orang lain yang melihat atau menghadapi masalah yang sama.
Bagi Anda yang ingin belajar melakukan reframing, maka ada metode yang bernama Question Thinking yaitu Alat bantu yang bisa membantu mengubah pemikiran, tindakan dan hasil yang dicapai melalui keterampilan mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri maupun orang lain.
Ketika Anda melihat Bos Anda di kantor marah-marah, daripada Anda juga ikut terpancing emosinya menjadi marah-marah. Ambilah waktu untuk bertanya kepada diri Anda sendiri seperti “Kenapa Dia Marah? Mungkin dia sedang ada masalah di rumah atau mungkin dia sedang memiliki tekanan pekerjaan yang lebih kuat karena posisinya lebih tinggi” Hindari pemikiran “Bos saya memang gak suka sama saya. Orangnya memang tidak menyenangkan”. Jika Anda memiliki ketrampilan Question Thinking seperti ini maka sudah pasti Attitude Anda akan terjaga dengan baik sehingga Attitude Positif ini akan membawa dampak yang baik dalam komunikasi yang efektif.

Akhirnya dua langkah sederhana ini akan sangat berguna sekali untuk membangun komunikasi efektif, tetapi yang perlu anda ketahui bahwa untuk bisa menjalankan dua langkah ini memerlukan latihan yang terus menerus sampai menjaga Attitude Positif adalah kebiasaan dari diri kita. Selamat beraktifitas dan berkomunikasi dengan efektif.


Dapatkan Artikel saya langsung ke email anda, masukkan email anda :

0 comments:

© Jafeto, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena