Destined To Be Great

Thursday, March 19, 2009

Mr. Jafeto vs Miss Angelica

Everyone is a moon, and has a dark side which he never shows to anybody. ~Mark Twain, Pudd'nhead Wilson, 1894

Each of us is something of a schizophrenic personality, tragically divided against ourselves. ~Martin Luther King, Jr., Strength to Love, 1963

There are at least two kinds of cowards. One kind always lives with himself, afraid to face the world. The other kind lives with the world, afraid to face himself. ~Roscoe Snowden

Beberapa waktu sempat chat dengan teman sesama blogger yang luar punya trik dengan cara ketawanya yang susah ditirukan "HauAEHaheueEAHAEHAUeh" bernama Nelly. Ngobrol kesana kemari karena sedang mengalami kebuntuan dalam menulis. Rasanya malas sekali untuk menulis di blog. Iseng-iseng aku bertanya kepadanya...

On Ym
Me : Nel, menurutmu apa yang menarik untuk dijadikan bahan postingan di blog gue
Nel : Gue si lebih suka membaca cerita sehari-hari elo bukan yang berat-berat... Talk about ur ordinary day or about BLORAAAAAA ( my hume town yang membuat ku selalu dicela hahahaha )
etc etc...

Today i want to introduce you the other part yang jarang sekali orang tau, that i have it... Kemaren dia muncul setelah sekian lama dia tidak muncul. This Part Call "Angelica", Loh kok bisa???

Who is angelica btw??? Dia adalah salah satu tokoh di kartun RUGRATS Nickelodeon, sepupu dari Tommy. Angelica paling tua diantara kumpulan bayi rugrats, Sifatnya keras kepala, pemarah, nggak mau kalah, pokoknya semua keinginannya harus dipenuhi, betul-betul sifat anak kecil yang egois...

Kapan aku menyadari bahwa ada "Angelica" dalam diriku, kira-kira setahun yang lalu ketika aku dikonseling oleh guruku Ps. Sukirno Tarjadi dengan menggunakan Parts Party Satir Theraphy, Dalam sesi tersebut semua parts dalam diriku dimunculkan, karena aku adalah orang yang moody dan sering menderita didalam ( complicated dasar melankolis hehehehe ) dan sering down atau tidak stabil dengan tiba-tiba... Dan memang hasil gambaran dari Parts Party tersebut cukup ruwet hehehehe... banyak sekali bagian-bagian diriku yang bertabrakan dan harus di selaraskan ( bahasa konselingnya : CONGRUENT )
Beberapa Parts yang ada dalam diriku contohnya :
Jafeto Creativ -> MacGyver
Jafeto Religius -> Samuel
Jafeto Hakim -> Jugde Bao
Jafeto Penyayang -> St. Valentino
Jafeto Egois dan tidak mau kalah -> Angelica

dan masih banyak lagi...

Dalam perjalanan sesi, aku akhirnya menemukan satu sosok yang sangat kuperhatikan yaitu si Angelica. Dia selalu muncul disaat-saat aku capek ( entah itu pikiran perasaan atau fisik ), saat ada masalah, saat aku merasa dimanfaatkan, dan yang menjadi masalah seperti KETUA GENG dari parts2ku yang negatif dia memimpin semua parts negatif untuk ngambek... Itulah kenapa sering kali tanpa alasan yang begitu jelas, tiba-tiba aku menjadi gampang bad mood, sensitif, ngomel-ngomel, bawaanya pengen diem aja gak mau ngapa2in... Kemaren si Angelica muncul hampir sepanjang hari, aku bener2 sensitif dan pengen marah2 sepanjang hari... My day turn so bad, seems hopeless what i want to do only one sleep... sleep a lot... I want to quit from my whole activity... Aku sangat tau penyebabnya sih, kecapekan yang menumpuk, fisik, pikiran tugas yang banyak, deadline-deadline, the most important Samuel ( si religius ) terabaikan karena akhirnya aku jadi males berdoa...

Back into my counseling session waktu itu, ketika mencari penyebab kenapa Angelica bisa kuat sekali pengaruhnya dalam diriku, dalam konseling aku menemukan bahwa dia adalah protes yang muncul karena aku bukan orang yang bisa menolak orang lain. Jaf adalah tipe orang Placater yang sangat dipengaruhi keinginan untuk menyenangkan orang lain, tidak bisa berkata tidak. Sering kali karena sifat yang seperti itu, aku sampai gak punya waktu untuk diriku sendiri, buat melakukan hobi atau hal-hal yang membuatku rileks karena terlalu banyak waktuku untuk orang lain. Menolong orang itu adalah hal yang sangat baik, TETAPI harus kuakui waktu itu secara tidak sadar itu adalah CARA AGAR DIRIKU DITERIMA DAN DISAYANG OLEH ORANG-ORANG DISEKITARKU. Sehingga dalam kondisi yang capek, emosi yang dipendam ( karena gak bisa marah langsung ke orang ), disitulah Angelica muncul. Kalo sudah kek gini, aku bener-bener TIDAK MAU DIGANGGU DAN KETEMU ORANG LAIN. Ditelpon gak diangkat, disms gak dibalas, aku mau ngelakuin apa aja semauku sendiri, intinya waktu dia keluar "DONT DISTURB PLEASE, OR I WILL KICK U OUT"... Jika sudah parah berdoa mentok, baca alkitab males, baca motivasi or anything to restore my condition.

Tetapi dari konseling tersebut aku sadar, Angelica sangat sayang sama Jafeto... Meskipun caranya salah. Angelica adalah warning bagi Jafeto untuk wise dalam membuat prioritas dalam hidup. Dalam sesi tersebut aku sadar She Warn me, enough u need time for ur self, take care of ur self, karena kalo sampe gue sakit maka semuanya berantakan, dan terbukti kalo angelica muncul dan aku tetep nekat berakhir dengan Demam tinggi, muntah-muntah dan harus istirahat total gak ngapa-ngapain selama seharian penuh.

Setelah sesi tersebut, I said to Angelica and thanks her, that I will take a good care of my self. Aku berjanji akan lebih memberikan waktu dan bersikap bijaksana dengan permintaan orang lain...

Buatku sekarang Angelica adalah si kecil yang memberi warn kepadaku untuk menyayangi diriku sendiri. TIDAK ADA ORANG LAIN YANG AKAN SAYANG PADA DIRI KITA SEBELUM KITA MENYAYANGI DIRI KITA, TIDAK ADA ORANG LAIN MENGHORMATI KITA KALAU KITA TIDAK MEMPERLAKUKAN DIRI KITA DENGAN HORMAT. Satu firman yang kuingat KASIHILAH SESAMU MANUSIA SEPERTI KAMU MENGASIHI DIRIMU SENDIRI, yang berarti kita tidak akan pernah tulus mengasihi orang lain sebelum kita bisa mengasihi diri kita sendiri...

Pernahkan mengalami kejadian yang serupa nggak?? Just remember to love ur self yaaaaaa...

Jafeto-really-care-and-love-Angelica



Komentar dan masukkan anda sangat saya harapkan. Leave comment please for my post.. Thx a lot

Dapatkan Artikel saya langsung ke email anda, masukkan email anda :



TRANSLATE TO ENGLISH

14 comments:

Anonymous said...

HAUEhaUEhuaEh gileeee gue kirain loe dah ketemu seorang ceweeeee!!!! HAUEhaUEhaUEhAUEHae..ternyataaaaaa... my excitement tidak ada gunanyaaaaaa

Jafeto said...

mau tungguin elo duluan Nell... Masak gue ngelangkahin elo ahahahahahaha...
Jadi kapan??? ^_^

Anonymous said...

kapan kapaaaaaaaannnn shalalalala

Jafeto said...

ayolah Nell...
Katanya sudah siap jadi super mom hahahahaah

Anonymous said...

hmmmmm......... aPa Angelica pasti dan seLaLu akan muncuL pada seMua oRang yang bertipe pLacater???????

Jafeto said...

@ Titta : Maybe ya... biasanya ini adalah penumpukan emosi jangka panjang, dan ketika meledak memunculkan suatu pribadi antagonis...
Makanya aku belajar untuk berkata tidak sekarang :)

Anonymous said...

hmmmmmmm.........iYa siCh....
taPi pengaLaman hehe waLopun dah beLajar berusaha men9atakan tiDak... teteP aJah susah hehe...
taPi keseLna iTu kadang doank n bis giThu kayak Lupa giThu, jadi iLank begithu aJah. aPa itu termasuk kaRna ada sedikit Angelica???
bUt kekna gag bukan??

Jafeto said...

@ Titta...

Dalam kasusku partku yang bernama Angelica ini muncul karena dia ditekan terus menerus, sehingga akhirnya meledak, dan menjadikan diriku Antagonis...

Nah dari sudut pandang yang berbeda Angelica ini adalah bentuk perlindungan terhadap diri sendiri agar tidak ambrukkk... JAdi adalah cara memberi warning. Tapi bentuknya tidak sehat memang. MAkanya itu kita yang harus belajar lebih bisa memanage diri kita dengan baik...

Konseling sebenarnya cukup membantu, karena aku jadi menyadari bagaimana si Angelica berpengaruh atasku, mungkin bisa dicoba hehehe...

Anonymous said...

hehehehehehehehehehehe.....
bTw kembaLi ke memang sebenrnya cara yang terbaik aadaLah dari diri kiTa sendiri bagaimana kita bisa memanaged segaLa bentuk perasaan yang ada.
Intinya pengendaLian diri :)
semangat ko........ :D

Jafeto said...

hahahaha oke deh...

Selamat mengendalikan diri yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa ^_^

Anonymous said...

hmmm...
kok Angelica sih? knp berbau feminim gitu ya? hmmmm...

gejalanya kek org Pleghmatis ya? ditahan... tahan.. trus suatu hr meledak... & susah ngmng 'TIDAK' krn cinta damai alias menghindari konflik.

but i believe... setiap qta sudah punya benih dr buah Roh yg bernama 'Penguasaan Diri' itu...
benih yg dipupuk, disiram, di-usahakan-, dijaga yang akhirnya tumbuh deh menjadi 'Penguasaan Diri' itu. 'Kasih' sendiri kan jg ada tegasnya...

so.. selamat menuai buah ROH yg lainnya... ^_^

JBUall

Anonymous said...

Itu cuma yang terpikirkan ketika mencari nama untuk part nya aja Lind...
Betul sekali, menjadi congruent itu akan membangkitkan 9 buah roh

hendri said...

you have a great and strong personality...
nice to meet u in cyber world...
i like your post...thx to inspire me..

Jafeto said...

Hi Hendri, salam kenal juga :D

Kalo dibilang great dan strong, masih jauh Hen, but I do my best hahahahaha :)
Ada blog tidak let me come to ur blog...

Tq ya :D jadi semangat nulis hahaha

© Jafeto, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena