Destined To Be Great

Tuesday, June 12, 2012

Mengubah Hati Mengubah Hidup

Fairy Tail Character
Baru-baru ini saya sedang menyukai sebuah anime yang berjudul Fairy Tail. Anime ini telah mendapatkan penghargaan sebagai anime of the year 2012 dari Animax.

Terlepas dari penghargaan yang didapatkan, anime ini sangat menghibur dengan tokoh-tokohnya yang unik, seperti  Natsu "Dragon Slayer" yang alergi dengan alat transportasi, Lucy "Celestial Wizard" yang memanggil celestial spirit dan sering dijahili oleh teman-teman bahkan celestial spiritnya, Gray "Ice Maker Wizard" yang hobinya telanjang, atau Erza "Titania" yang bertempur dengan menggunakan pedang dan baju zirah.

Tetapi ada satu hal yang paling saya suka didalam cerita ini ada kebenaran yang simple tetapi penting untuk selalu diingat, yaitu PERUBAHAN HATI. Diceritakan bagaimana masing-masing tokoh memiliki masa lalu yang menjadi penghambat mereka untuk maju, seolah menjadi penjara yang membuat mereka tidak bisa berbuat apa-apa.

Gray yang memiliki trauma dengan kematian gurunya Ur saat melindungi dirinya, diperhadapkan dengan keputusan untuk mengorbankan dirinya untuk menyegel Deliora, monster yang telah membuat Ur kehilangan nyawanya karena harus membekukan monster tersebut. Gray dengan dukungan teman-temannya akhirnya menemukan bahwa kematian gurunya justru adalah alasan dia untuk menghargai hidupnya dengan hidup sebaik-baiknya dan menjaga orang-orang yang dicintainya.

Erza yang dikhianati temannya Jelal ketika kecil pada saat mereka disekap Tower of Heaven harus kembali lagi kesana dan menghadapi masa lalunya. Disaat dia hendak mengorbankan dirinya untuk terkubur dengan masa lalunya, sekali lagi dia menyadari bahwa dia memiliki orang-orang yang dia cintai dan terus mendukungnya apapun yang terjadi. Akhirnya dia memahami bahwa dia berani melawan trauma masa lalu dan berubah menjadi sosok yang tangguh dan sangat dapat diandalkan.

"As a man thinketh in his heart so is he" adalah salah satu kutipan dari alkitab yang sederhana tetapi memilki kebenaran yang dahsyat. Kebenaran yang seolah-olah hendak mengatakan kepada kita, bahwa hidup kita (relationship, karir, keuangan) kita TIDAK AKAN PERNAH BERUBAH jika kita TIDAK PERNAH MAU MERUBAH POLA PIKIR KITA. Hidup kita tidak akan pernah berubah jika terus berpikir pasangan kita yang harus berubah, bos kita yang harus berubah, pekerjaan kita yang harus berubah. Karena pada dasarnya semua hal itu akan membuat kita mengalami hal yang sama kembali jika kita tidak merubah pola kita berpikir.


Apa yang kita pikirkan berasal dari apa yang ada dalam hati kita. Alkitab menggambarkan bahwa hati kita seperti Tanah, ada yang ditepi jalan, ada yang penuh semak duri, ada yang keras dan berbatu dan ada yang subur. Hanya hati yang subur sajalah yang akan membawa kita menjadi orang-orang yang sanggup berubah dari hati sehingga kita memiki pembaharuan pola pikir sehingga hidup kita berubah. Saya suka dengan pernyataan seorang Steve Jobs yang berkata "Stay Hungry Stay Foolish" betapa rendah hatinya beliau karena pernyataan tersebut muncul dari seorang yang berhasil mengubah dunia dengan perangkat digital APPLE dan saya setuju hanya orang-orang yang seperti itu yang akan terus memilki hati yang subur yang dapat ditanami dengan benih-benih yang baik, sehingga semakin hari akan dapat menghasilkan buah yang semakin hebat dari dalam dirinya.

Selama kita terus belajar dan mau berubah kita tidak akan pernah menjadi tua dan ketinggalan. Saya mengaminkan hal tersebut. Dalam perjalanan hidup saya banyak kejadian-kejadian dimana saya harus banting setir dan mengambil perubahan-perubahan yang diperlukan agar kehidupan saya menjadi semakin baik. Dan yang saya semakin sadari perubahan tersebut yang membuat saya semakin melihat kehidupan dengan cara yang lebih positif dan lebih pintar. Ada hal-hal yang dahulu hanyalah sebuah impian tetapi sekarang menjadi kenyataan karena saya mau mengubah hati dan pola pikir saya. Ada hal-hal yang dahulu hanyalah merupakan impian yang muluk-muluk tetapi sekarang saya bisa melihat dengan jelas bahwa hal itu sangat mungkin untuk bisa saya capai dalam hidup saya.

Bagaimana dengan Anda???

Sebagai bonus saya sisipkan sebuah MV DreamGirls - I Am Changing


[Effie]Look at me Look at me
I am Changing Trying every way I can I am changing I'll be better than I am I'm trying To find a way to understand but I need you I need you I need a hand
I am changing Seeing everything so clear I am changing I'm gonna start right now right here I'm hoping To work it out and I know that I can
But I need you
I need a hand

All of my life I been a fool who said I could do it all alone How many good friends have I already lost? How many dark nights have I known?
Walking down that long road there was nothing I could find All these years of darkness  Can make a person blind
But now I can see
I am changing
Trying every way I can I am changing Ill be better than I Am But i need a friend to help me start all over again

That will be just fine I know its gonna work out this time Cause this time I am
This time I am
I am Changing
Ill get my life together now I am changing
Yes, I know how
Im gonna start again Im gonna leave my past behind
Ill change my life Ill make a vow And nothings gonna stop me now


 Dapatkan Artikel saya langsung ke email anda, masukkan email anda :

0 comments:

© Jafeto, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena