Destined To Be Great

Monday, June 22, 2009

GAMBAR DIRI II Mengetahui Nilai Diri Anda

The worst loneliness is not to be comfortable with yourself. ~Mark Twain

Seorang teman saya, dia bercerita tentang kehidupan keluarganya. Dia berasal dari keluarga yang cukup mampu, saya pernah datang kerumahnya dan rumahnya cukup besar sekali dan Mewah. Sekalipun dia anak orang kaya, teman saya ini adalah orang yang baik, dia tidak membedakan status karena kekayaan yang dimiliki keluarganya. Saya mengagumi dirinya sebagai teman karena pribadinya yang low profile dan prinsipnya yang kuat.

Tetapi sayang terjadi musibah dalam keluarganya. Ayahnya terlibat dalam suatu bisnis yang membuat keluarganya terjerat hutang dengan nilai kurang lebih 2 sampai 3 miliar. Bahkan ayahnya terpaksa harus menghilang sementara waktu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dalam keluarganya. Sebagai anak laki-laki tertua maka dia harus bertindak untuk menjaga keluarganya.

Posisinya tidak mudah sekali menurut saya. Dia mengalami penurunan fasilitas yang drastis. Semua fasilitas yang dulu menyertainya tidak ada, dia sempat bercerita kepada saya bahwa dia mengalami rasa minder karena hal tersebut. Tetapi setelah waktu berlalu dia berkata bahwa dia bisa bangkit mengatasi semua hal yang membuatnya menjadi minder.

Dimata saya dia tidak pernah berubah, entah dia memiliki kekayaan atau tidak, memiliki rumah atau tidak, dia tetaplah orang yang sama, pribadi yang low profile dan memiliki prinsip hidup yang kuat yang membuat saya menghormati dan bangga menjadi temannya.

NILAI DIRI
Nilai diri adalah ukuran seberapa berharga kita sebagai pribadi menurut pandangan dan kepercayaan kita.

Orang yang mengetahui Nilai dirinya dengan benar, akan memiliki GAMBAR DIRI YANG POSITIF dan MUDAH UNTUK MEMPERCAYAI HAL-HAL YANG POSITIF AKAN DIRI MEREKA. Mereka inilah orang-orang yang kita sebut memiliki kepercayaan diri yang kuat.
Jika kita ingin menjadi pribadi yang efektif maka dengan pemahaman akan nilai diri anda, harus menjadi salah satu topik utama untuk dipikirkan.

Tanyakan kepada diri kita
  • Hal-hal apa yang membuat kita merasa kita berharga?? Kekayaan, Keturunan, Fisik kita, Bakat, Karier adalah beberapa hal yang bisa membuat orang merasa berharga.
  • Seandainya hal- hal tersebut tidak ada lagi masihkah kita merasa berharga??
  • Bisakah kita tetap berharga meskipun tanpa hal-hal yang kita rasa bisa membuat kita merasa berharga??
Teman saya kehilangan beberapa hal yang menjadikannya secara kasat mata kehilangan hal-hal yang tampaknya membuat nilai dirinya berkurang. Tapi dari kejadian hidupnya saya belajar sesuatu Nilai Dirinya tak pernah berkurang karena ketika dia kehilangan materi dan fasilitas, muncul suatu integritas dari dirinya, semangat untuk mau berjuang, dan saya sungguh melihat dimata saya dia lebih “BERSINAR” dari sebelumnya.

Dan saya sadar NILAI DIRI haruslah dibangun dari dalam diri kita, bukan lagi apa yang dari luar… Sebuah pembelajaran yang bagus untuk hari ini ^^


Dapatkan Artikel saya langsung ke email anda, masukkan email anda :


10 comments:

Jafeto said...

comment and discussion are open :)
Mari sharing disini ^^
Tq

viii said...

wah keren banget
mencerahkan saya terharu ....
(hahahhaa~ ssuaii ksepakatan)

smangadd nuliss lg koo0o0o!!! ^^

Yuni Wijayanto said...

Beberapa hari lalu aku mikirin "apa yang membuatku bangga pada diriku sendiri ?"
Hari ini aku baca postingan ini. Apa itu sebenarnya aku lagi mikirin nilai diriku ya jaf ?

Jafeto said...

hauhauhauhauhauhauhauahauuah, makasih Viii You're beautiful and kind dear :)

Jafeto said...

Betul sekali Yun, kadang perlu waktu untuk kita mundur dari kesibukan dan mulai berpikir kembali tentang diri kita, mengevaluasi adalah bagian yang penting untuk tahu bagaimana Nilai diri kita sesungguhnya.

Yuni Wijayanto said...

Saat aku memikirkan apa yang membuatku bangga memang si bikin aku jadi menghargai diriku sendiri.

Jafeto said...

Kembangkan hal tersebut menjadi suatu kebiasaan yang baik Yun. Semakin kita punya gambaran yang positif tentang diri kita, itu akan membuat kita semakin percaya diri. Dan semakin kita percaya diri semakin kita akan mantab dalam menjalani hidup kita.

Yuni Wijayanto said...

Dulu aku pernah berpikir kalo membanggakan diri itu bisa menjadi "Sombong".
Tapi skarang aku berpikir kalo diri kita sendiri tidak menghargai diri kita, bagaimana mungkin orang lain bisa menghargai kita.
Thx Jaf, postingan ini sangat memberkati

Fanda said...

Hendaknya kebanggaan itu pada apa yg Tuhan berikan kepada kita, bukan pada pencapaian kita. Karena sesungguhnya semua yg kita capai itu dari Dia asalnya. Klo aku, aku bangga punya teman kamu, yg begitu fokus utk memperkaya orang lain dgn tulisan2mu.

Btw, aku tag kamu disini: http://bukufanda.blogspot.com/2009/06/fanda-other-sides-of-me.html
Dikerjain ya!

Jafeto said...

Tq Mba Fan...
Aku setuju memang Tuhan sumber segalanya, inspirasi untuk membuat kita semakin maju :)

Oke aku dah liat nter ya dikerjain :)

© Jafeto, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena