Destined To Be Great

Wednesday, October 8, 2008

BLOG TRAFFIC - memonitor aktivitas yang terjadi pada blog kita

Win : Numpang tanya donk, Blog traffic itu buat apaan?

Postingan Jafeto kali ini akan menjawab pertanyaan saudara Win tentang Blog Traffic. Terima kasih karena sudah bertanya sehingga saya memiliki bahan untuk postingan terbaru saya selain hati saya yang sedang dibuat gundah gulana oleh cinta ( halah )

Membuat blog sekarang ini sudah menjadi salah satu aktivitas yang sangat digemari oleh orang-orang yang memiliki konektivitas ke internet tinggi. Hal ini dikarenakan beberapa tahun terakhir ini, di indonesia telah masuk layanan provider internet yang sangat terjangkau, sehingga internet bisa dikatakan lebih mudah dan murah untuk dimiliki, meski baru terbatas untuk kota-kota besar di indonesia. Karena itu saat ini semakin banyak orang memiliki Blog di internet. Semakin banyak orang mengekspresikan diri mereka melalui passion mereka terhadap suatu bidang tertentu.

Ketika kita sudah memutuskan suatu tema untuk blog kita, memilih layanan blog, mulai mendesain blog kita dengan baik. Maka kita tidak bisa menitik beratkan hanya pada content atau isi blog yang baik. Memang bagaimanapun content akan membuat orang kembali lagi mengunjungi blog kita, tapi ada hal-hal yang lain yang perlu dipertimbangkan untuk membuat blog kita menjadi blog yang bagus, informatif dan komunikatif.

Secara pribadi selain content yang bagus, saya memikirkan 2 tools yang akan membantu saya untuk memaksimalkan blog saya.
1. BLOG TRAFFIC
2. IN TOUCH

Kali ini saya akan menjelaskan tentang Blog Traffic. Alasan mengapa saya memakai Blog Traffic dan apa gunanya.
BLOG TRAFFIC yang terdapat pada Blog saya sebetulnya ada kumpulan-kumpulan widget-widget yang dapat menunjukkan kepada saya aktivitas apa saja yang terjadi pada blog saya. Secara sederhana saja saya ingin tahu dari mana saja orang mengakses blog saya, kemudian postingan apa saja yang cukup banyak digemari, berapa banyak orang yang telah mengunjungi web saya.

Widget-widget apa saja yang saya gunakan untuk Blog Traffic ditempat saya???


1. Life Traffic Feed
Widget ini bisa didapatkan di http://feedjit.com/. Apa Fungsi dari Widget ini? Widget ini akan membuat log kunjungan dari orang-orang yang mengunjungi blog anda.
Info yang disediakan adalah dari asal kota, asal negara, asal referensi sehingga orang bisa ke blog kita (biasanya dari google) dan halaman yang dikunjungi.


2. Recent Visitor Map
Widget ini bisa didapatkan di http://feedjit.com/. Apa Fungsi dari Widget ini? Fungsinya menampilkan orang-orang yang mengunjungi blog kita tetapi dalam bentuk Peta. Ketika kita klik pada gambar Peta maka akan muncul informasi yang lebih lengkap.




3. Popular Pages Today Widget
Widget ini bisa didapatkan di http://feedjit.com/. Apa Fungsi dari Widget ini? Menampilkan halaman yang paling banyak dikunjungi di blog kita.

5. Counter - HISTATS.COM
Widget ini bisa didapatkan di http://histats.com. Apa Fungsi dari Widget ini? Wigdet yang disediakan oleh Histats ini awalnya saya pikir hanya akan digunakan untuk membuat counter saja, ternyata fungsinya sangat banyak sekali. Mungkin boleh dibilang hanya dengan satu widget ini saja, seluruh kebutuhan untuk melihat traffic blog kita bisa terpenuhi. Mulai dari Referensi, Jumlah kunjungan dan trend-trend lainnya dalam situs kita. Tapi karena pertimbangan tertentu saya tetap menggunakan Widget Feedjit, karena bisa langsung dilihat pada blog kita, sehingga orang lain juga bisa melihat trend di blog kita.


6. Page Rank Checker
Widget ini bisa didapatkan di http://www.prchecker.info/. Page Rank Checker adalah perangkat gratis untuk memeriksa peringkat halaman Google ™ di setiap halaman webiste dan bisa dengan mudah menampilkan nilai PageRank ™ situs Anda pada halaman Anda. Semakin tinggi nilai page rank anda di google ( maksimal point adalah 10 ) maka akan semakin populer blog anda.

7. Technocrati
Hampir sama dengan Pagerank checkcer.



Komentar dan masukkan anda sangat saya harapkan. Leave comment please for my post.. Thx a lot

Dapatkan Artikel saya langsung ke email anda, masukkan email anda :



TRANSLATE TO ENGLISH

5 comments:

Anonymous said...

eh ga dikasih catatan di bawah? kalo pasang semuanya sekaligus akan mengkalikan 3 page load time anda.. wakakak..

awalnya gw demen tuh merhatiin traffic dsb.. tapi lama lama.. ah sebodo teuing.. cuma sekadar hobi :))

Jafeto said...

hahahahaha... thx Anung ^^
Iya sih bener itu kelemahan majang traffic, jadi lebih lambat...
Tapi masing-masing menurutku memiliki kekurangan dan kelebihan pastinya.
Kalo Jafe pengen bisa lihat apa yang disuka sih sama orang-orang tentang postingan Jafe...

Ya kepada Win, pilhan ada ditangan anda :D

Anonymous said...

Thx for infonya. Terus berkarya, wish you luck :)
Btw namamu uniq banget..jafe :)

Jafeto said...

yep Win.. I will.. Blog Win apa sih???
Namaku unik ya thx :)

Jangan sungkan untuk berbagi informasi oke :)

Anonymous said...

Enakkan pake blogger ato wordpress? Lebih kurangny apa? Btw jafe kerja dimana? Enak nggak jadi software development? Daku belom punya blog neh baru collect information piss yo :D

© Jafeto, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena