Destined To Be Great

Thursday, August 7, 2008

BAD MOOD !!! cara untuk mengatasi bad mood

Yeap i know its... Its been a long time Jafe gak lagi posting something di blog, so sori guys my activity bener-bener bikin gak punya waktu untuk ngeblog, even i love it much...

Today i want to share about bad mood. Menyambung postingku yang sebelumnya, aku percaya aku bukanlah satu-satunya orang yang bisa mengalami sindrom bad mood. Sindrom ini biasa dialami oleh orang-orang melankolis biasanya.

Here's little view about melankolis people :

KEKUATAN:
* Analitis, mendalam, dan penuh pikiran
* Serius dan bertujuan, serta berorientasi jadwal
* Artistik, musikal dan kreatif (filsafat & puitis)
* Sensitif
* Mau mengorbankan diri dan idealis
* Standar tinggi dan perfeksionis
* Senang perincian/memerinci, tekun, serba tertib dan teratur (rapi)
* Hemat
* Melihat masalah dan mencari solusi pemecahan kreatif (sering terlalu kreatif)
* Kalau sudah mulai, dituntaskan.
* Berteman dengan hati-hati.
* Puas di belakang layar, menghindari perhatian.
* Mau mendengar keluhan, setia dan mengabdi
* Sangat memperhatikan orang lain

KELEMAHAN
* Cenderung melihat masalah dari sisi negatif (murung dan tertekan)
* Mengingat yang negatif & pendendam
* Mudah merasa bersalah dan memiliki citra diri rendah
* Lebih menekankan pada cara daripada tercapainya tujuan
* Tertekan pada situasi yg tidak sempurna dan berubah-ubah
* Melewatkan banyak waktu untuk menganalisa dan merencanakan (if..if..if..)
* Standar yang terlalu tinggi sehingga sulit disenangkan
* Hidup berdasarkan definisi
* Sulit bersosialisasi
* Tukang kritik, tetapi sensitif terhadap kritik/ yg menentang dirinya
* Sulit mengungkapkan perasaan (cenderung menahan kasih sayang)
* Rasa curiga yg besar (skeptis terhadap pujian)
* Memerlukan persetujuan
[source lengkap disini]

Yaaaaaa lihatlah kaum melankolis adalah kaum yang sangat peka perasaannya. Sebenarnya Sanguin juga sih, tapi mereka cenderung lebih ekstrovert dibandingkan kaum melankolis. Di post sebelumnya aku menulis tentang "sTRONG man control their feeling not controled by their feeling..." dan aku sungguh-sungguh berusaha untuk mengelola dan mendisiplin perasaanku, karena semakin dewasa aku sadar bahwa tidak selamanya PERASAAN ITU BENAR.

Dan sejam sebelum menulis posting ini, tiba-tiba MOODKU JELEEEEEEK!!! perasaanku tidak enak, mau marah, nangis dan bener-bener mulai negatif thinking about everything...

Ya... Awan gelap datang lagi, dan rasanya sudah mulai bakal hujan jika ada yang memicunya. Kemudian terpikir untuk share tentang hal ini. Dan aku berusaha untuk menulisnya.

PENYEBAB MOOD JADI BURUK :
1. RASA CAPEK
Fisik yang capek sungguh-sungguh bisa memicu seseorang menjadi lebih cepat marah. Kesibukanku akhir-akhir ini sungguh-sungguh membuat aku capek sekali. Dan hari ini hal itu memicu moodku jadi buruk. Hari ini tiba-tiba membuatku berpikir " Kok aku gak punya waktu untuk diriku ya", atau "Selamanya hidupku bakal kayak gini, gak ada harapan" dan seterusnya. Aku mulai mengasihani diri dan semakin memburuklah moodku.
FISIK CAPEK --> MEMBUAT MOOD JADI BURUK --> MEMICU PIKIRAN-PIKIRAN NEGATIF --> MENGASIHANI DIRI --> MEMBUAT FISIK SEMAKIN CAPEK ( karena sekarang kecapekan dipicu oleh 2 hal badan dan pikiran --> MEMBUAT MOOD SEMAKIN BURUK dan seterusnya...
Sampai akhirnya tiba-tiba kita sudah menjadi parah... dan akhirnya depresi jika tidak segera ditangani.

2. HIDUP DIBAWAH PENGHARAPAN ORANG LAIN
Apa sih maksudnya HIDUP dibawah PENGHARAPAN ORANG LAIN? Maksudnya kita menjadi orang yang selalu seperti orang lain harapkan terhadap kita, karena kita ingin membuat orang suka, senang terhadap diri kita.
Ok, let me give an example, and its all about my self hahahaha... Waktu kecil aku termasuk siswa yang berprestasi ( pinter ) dan sampai sekarang juga ( amin ... ). Menjadi seorang siswa yang pintar berprestasi adalah hal yang baik, tapi yang membuat itu tidak baik adalah aku menjadikan itu alasan agar papa dan mama sayang dan bangga sama aku. Karena mereka memiliki pengharapan itu dan aku ingin melakukannya agar aku disayang dan dibanggakan.
Menjadi pintar itu baik, tapi salah menurutku kalo itu kita gunakan sebagai cara membuat kita agar disayang atau dibanggakan.

Yang jadi masalah, suatu saat aku tiba-tiba merasa capek dengan tuntutan semua orang atas diriku. Dan tentu saja jika sudah begitu maka yang terjadi aku bisa MELEDAK... Dan itu yang sering terjadi pada diriku. Akhirnya dipuncak kemarahan yang selama ini aku simpan aku MELEDAK. Merasa tidak ada orang yang mengerti aku, merasa semua orang semau sendiri dst...

Lalu bagaimana supaya bisa keluar dari pengharapan orang lain???
Punyai nilai diri / gambar diri yang sehat.

Gambar diri - makalah PELATIHAN KONSELOR SATIR PDT. SUKIRNO TARJADI

Robert Schuller memberikan definisi tentang gambar diri dengan berkata begini:

“You are not what you think you are. You are not what other people think you are. You are what you think other people think you are.”

Terjemahan bebasnya begini:

“Kamu bukanlah apa yang kamu pikir tentang diri kamu. Kamu juga bukanlah apa yang orang lain pikir tentang diri kamu. Kamu adalah apa yang kamu pikir orang lain pikir tentang diri kamu.”

Rasanya mesti dibaca 3-4 kali untuk bisa mengerti maksud beliau ini….

Gambar diri adalah gambaran yang kita bentuk dan kita percayai tentang diri kita. Sekalipun itu adalah hasil dari penilaian diri kita, tetapi penilaian tersebut sangat amat dipengaruhi oleh apa yang kita pikir adalah penilaian orang lain tentang diri kita. Karena itu gambar diri adalah sesuatu yang subyektif (tergantung siapa yang melihat). Mungkin saya melihat diri saya sebagai orang yang payah. Orang lain melihat saya belum tentu demikian. Tapi saya merasa bahwa orang lain melihat saya payah. Penilaian saya tentang diri saya menjadi benar (paling tidak buat saya) karena saya MEMPERCAYAINYA.

Gambar diri mencakup pandangan kita tentang:

s Sifat dan kepribadian kita

s Kemampuan kita

s Kelebihan dan kekurangan diri kita, baik yang menyangkut fisik, kepintaran, dll.

Pandangan-pandangan ini selalu disertai oleh suatu unsur PENILAIAN

Jadi hanya orang yang memiliki gambar diri yang baik, orang tersebut akan mampu untuk keluar dari pengharapan orang lain. ORANG YANG GAMBAR DIRINYA BAIK MELAKUKAN SESUATU KARENA MEMANG HAL TERSEBUT HARUS DILAKUKAN BUKAN KARENA TAKUT AKAN PENILAIAN SESEORANG.

TIPS untuk keluar dari masalah Bad Mood :
1. Istirahat yang cukup.
menurut penelitian jika kualitas tidur baik, butuh kira-kira 6-7 jam bagi orang dewasa untuk memulihkan keadaan fisiknya.
2. Beri waktu untuk OLAH JIWA
Cara olah jiwa :
a. berdoa
doa memberikan ketenangan dan pengharapan bagi orang yang mempercayainya. Memberikan dampak yang baik bagi tubuh juga, karena tidak stress.
b. merenung
bacalah buku-buku yang isinya membangun, dimana hal tersebut bisa menjadi sesuatu membangun manusia roh kita.
rekomended book dont sweat the small stuff buku ini memberikan kita cara untuk lebih bisa menikmati hidup dengan cara tidak terlalu memusingkan hal-hal kecil.

try this one ok...
feel free to ask something like this with me

Best Regards
Jafeto


0 comments:

© Jafeto, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena