Destined To Be Great

Wednesday, July 30, 2008

Handle your Feeling...

sTRONG man control their feeling not controled by their feeling...

Kata-kata itu terus mengiang ditelingaku beberapa hari ini. Dan sungguh-sungguh menjadi suatu pelajaran berharga bagi saat ini. Pertanyaannya adalah mengapa??

Here is the answer,...

Pelajaran tentang "Four Temperament" mengajarkan bahwa kita masing-masing manusia dibagi menjadi 4 besar yaitu SANGUIN, MELANKOLIS, KHOLERIS, PHLEGMATIS. Sanguin yang heboh, Kholeris yang berkemauan keras, Melankolis penganalisa, Phlegmatis yang pendamai. Semuanya membentuk sebuah harmoni yang saling melengkapi.

Nah dari golongant tersebut aku adalah Mr. Melankolis Sanguin, dengan prosentasi Melankolis yang sekitar 75% dan Sanguin 25%. Karakter dari Melankolis sanguin adalah orang yang berbakat ( gue banget gitu loh ^^ ), biasanya punya sense yang kuat dalam bidang seni. Tidak hanya mampu membuat sebuah karya seni tapi juga bisa menjualnya, jika suasana hatinya sedang baik. Tipe pengajar yang baik, karena sifat melankolis yang analitis dan sifat sanguin yang ramah membuatnya bisa meneliti dengan baik, sekaligus mempresentasikan kepada murid-muridnya. BERBAKAT dan PANDAI BERSOSIALISASI itulahMR. Mel San.
Tapi masalahnya Mr. Mel San memiliki kelemahan dia adalah makhluk yang sangat emosional, karena memiliki grafik emosi jangka panjang melankolis yang suka menyimpan perasaan dan meledak jika sudah memuncak sekaligus irama emosi yang meledak-ledak dari sanguin. Jadi dari sini sudah bukan rahasia lagi bahwa MASALAH UTAMA buat tipe orang seperti aku adalah mengelola perasaan. Dan aku harus mengakui itu bukanlah perkara yang mudah buat aku.

Kadang sebel juga sih dengan orang yang bilang, "JADI ORANG KOK SENSITIF BANGET" !!! waktu ada yang bilang seperti itu kadang aku pengin bilang WOIIIIIII AKU JUGA GAK MINTA LAHIR KEK GINI... Karena harus diakui suka atau tidak suka, memang moodku bisa naik turun dengan sangat drastis, sehingga kadang rasanya capek sekali. Bisa saja jam 9 pagi moodku baik, tapi nter jem 10 lewat 15 menit kambuh deh jadi buruk moodnya...

Its like what i face today, hari ini adalah hari emosional sedunia hehehe, disiang hari waktu kumpul dengan temen-temen gereja aku senang dan sedikit ada rasa haru karena sudah lama tidak pernah bisa kumpul karena kesibukan aku bekerja, lalu juga ketika ketemu Mas Daniel diajak share aku ngerasa dapet kekuatan yang sungguh besar karena pertolongan Tuhan yang dia saksikan dalam hidupnya. Lalu pergi ke GYM as usual, ikut kelas HIP HOP dan masih baik-baik saja, sampai setelah selesai kelas, aku jalan dan menemukan teman-temanku sedang kumpul dalam satu grup, trus ketemu yang lain dan juga dalam satu grup juga... Tiba-tiba perasaanku kacau, aku ngerasa sendiri gak punya temen, oh noooooooo!!!!! I try to make it gone butttttttt it become strong and strong daaan RUSAKLAH MOODku dan aku menjadi mengasihi diri, ngerasa sendiri dan tidak berarti... PARAAAAAAAHHHHH... Dan karena moodku rusak aku membatalkan rencanaku untuk pergi ke Starbuck Sarinah untuk nge-jam bareng temen-temen musisi jazz yang keren abis sedunia :( Moodku bener-bener rusak...

Aku masuk kekamar dan berusaha untuk menenangkan perasaanku. Sungguh gak enak perasaan itu. Im crying lil bit, my tears drop... But honestly AKU SADAR PERASAAN INI TIDAK BOLEH DIBIARKAN UNTUK BERCOKOL LAMA DALAM HATIKU. nenek bilang berbahaya. Akhirnya aku mencoba menonton TV, main internet dan segala hal yang lain untuk mengurangi rasa suntukku.

Sampai tiba-tiba aku ingat apa yang sedang kupelajari akhir-akhir ini dalam hidupku. I Share it to with someone onYM i told him "STRONG MAN CONTROL THEIR FEELING NOT CONTROLLED BY IT" Tiba-tiba aku melonjak dan terbangun, dari bad moodku. Dari hati kecilku aku diingatkan Tuhan hal tersebut. Dan yang lebih hebat lagi aku terhenyak dan sadar aku sedang dilatih untuk mengontrol perasaanku, bukan dikontrol olehnya. Dan aku tahu sekali bahwa didunia alam semesta raya ini aku bukanlah satu-satunya orang yang emosional, yang memiliki perasaan cenderung lebih dominan daripada logicnya, dan aku jadi ingin berbagi tentang masalah ini. Dan akhirnya aku ingin membagikan hal tersebut kepada teman-teman

TIPS MENGATASI SUASANA HATI YANG BURUK :
1. Identifikasi apa yang membuat mood kita jadi buruk
Kita mesti belajar untuk menyadari apa pemicu mood kita menjadi buruk. Dan setiap orang bisa berbeda-beda penyebabnya. Kasus hari ini adalah perasaan kesepian. Tiba-tiba aku merasa aku gak ada temen dan itu bikin moodku buruk.

2. FIGHT that FEELING
Caranya gimana?
mulai bangun pikiran yang positif. PERASAAN NEGATIF akan memicu PEMIKIRAN NEGATIF, itu terbukti dalam kasusku, dimulai dengan perasaan kesepian, tiba-tiba muncul pemikiran-pemikiran yang buruk, seperti "Aku ini orang yang kasihan, Aku sendirian, Gak ada yang sayang ma aku" dll... Dan akhirnya PEMIKIRAN NEGATIF INI MEMICU KEMBALI PERASAAN KITA MENJADI LEBIH NEGATIF. Dan jika hal ini tidak dirubah Circlenya bisa dipastikan hal sepele saja akan bikin perasaan kita lebih buruk lagi dan lebih buruk lagi, dan ini adalah awal terjadinya DEPRESI.

BAGAIMANA MEMBANGUN PIKIRAN POSITIF atau mengkondisikan PIKIRAN KITA MENJADI POSITIF?
a. Berdoa, minta kekuatan Tuhan supaya dimampukan
b. Mulai dengan mengubah persepsi kita terhadap apa yang sedang terjadi.
Bagaimana maksudnya??
Dalam setiap peristiwa dalam hidup ini jika kita mau melihat lebih jauh, segala hal memiliki 2 sisi, ini seperti koin mata uang, satunya gambar, satunya lagi angka. tapi tetap saja dua-duanya merupakan satu kesatuan.
Kasus hari ini pada babak pertama aku menganggap bahwa aku kasihan, kesepian dll, karena aku bereaksi dengan salah makanya moodku buruk, tapi dibabak kedua aku merubah persepsiku tentang kejadian yang terjadi. Dimulai dari ketika aku mengingat sebuah QUOTE "STRONG MAN CONTROL HIS FEELING" tiba-tiba saja keadaan itu mengingatkan aku bahwa "AKU MESTI BERSYUKUR KARENA MASALAH YANG DATANG INI ADALAH KESEMPATAN BAGI AKU UNTUK BELAJAR MENGHANDLE PERASAAN NEGATIF"
Ketika persepsi tentang kejadian itu berubah menjadi lebih positif, tiba-tiba perasaanku menjadi lebih baik. Malahan aku bisa tersenyum dan bersyukur ternyata dapat latian hari ini untuk handle perasaan.

c. LATIH RESPON DAN BUKAN REAKSI
Reaksi adalah apa yang kita lakukan secara spontan sebagai tanggapan yang sedang terjadi pada kita.
Respon adalah apa yang kita lakukan setelah melalui proses berpikir sebagai tanggapan apa yang terjadi pada kita.
Ketika orang tiba-tiba menyenggol kita, orang-orang tertentu SPONTAN marah dan mengajak berantem. Tapi kita mesti berlatih untuk minimal 2 atau 3 detik bisa berpikir, apa yang baik untuk aku lakukan menghadapi kasus ini.

Mari menjadi orang yang kuat yang mengontrol dirinya dan keadaan bukan sebaliknya...
Niteeeeeeee

1 comments:

whiteyin said...

Wah, sayah ngerasain ini banget kemaren2 itu...
pokoknya mood juga bisa berubah seketika >.< tadinya bae2 aja, eh, trusnya malah jadi bad mood.

Dan kalo gw lagi bad mood, pasti hal sekecil apapun bisa memicu bad mood gw tambah parah. Dah gitu, perlahan-lahan gw jadi mengasihani diri gw sendiri...

Tips-tips yang u kasih oke banget. Apalagi yg "strong man control their feeling, not controled by their feeling..."
Walopun gw bukan co XDD tapi mottonya tetep 'kena' ke diri gw.
Dan satu lagi, mengubah persepsi.

Ini memank cara plg baik, tapi susah banget dilakuinnya! Memank kita harus banyak berdoa sama Tuhan juga yah, hehe.

Btw, ditunggu nih post2 lainnya! ^^

© Jafeto, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena