Destined To Be Great

Monday, June 9, 2008

Love Beyond Reason



Kasih dapat mengubah kita menjadi pribadi yang berbeda ( yang lain ) ST. AUGUSTINE Namanya PANDY. Ia telah kehilangan sebagian besar rambutnya, salah satu tangannya sudah hilang, dan secara umum dia sudah kehilangan sebagian besar isi tubuhnya. Dia adalah boneka kesayangan saudara saya yang bernama BARBIE. Ia tidak selalu tampak seperti ini sebelumnya. Ia adalah kado natal yang dipilih secara khusus oleh bibi yang penuh kasih yang telah menempuh perjalanan jauh untuk mendapatkannya. Wajah dan tangannya terbuat dari semacam karet atau plastik sehingga tampak begitu nyata, tetapi tubuhnya diisi dengan potongan kain, sehingga enak untuk dipeluk, benar-benar seperti seorang bayi. Ketika PANDY masih baru dan menarik, Barbie mengasihinya dengan sebuah kasih yang melebihi keindahan PANDY sendiri. Saat Barbiepergi tidur, saat Barbie pergi makan, mandi apapun yang dilakukan disitu si PANDY ada. KASIH BARBIE KEPADA BONEKA ITU, DIPANDANG DARI SUDUT PANDANG PANDY ADALAH TINDAKAN YANG BERLEBIHAN. Pada saat saya mengenal Pandy ia bukanlah boneka yang menarik. Kenyataannya ia sudah menjadi boneka yang berantakan. Ia tidak lagi merupakan boneka yang sangat berharga dan saya tidak yakin bahwa kami bisa memberikannya kepada orang lain. Namun dengan cara yang tidak dapat dijelaskan kepada baik oleh seorangpun, dalam cara yang dilakukan oleh anak-anak kecil, saudara saya BARBIE, tetap menyayangi boneka kain kecil tersebut. Pada saat PANDY sudah usang ia tetap mengasihinya dengan kasih yang sama kuat, sama seperti kasih yang diberikan ketika PANDY masih baru dan bagus. Boneka-boneka yang lain datang dan pergi. Pandy tetap menjadi bagian dari keluarga kami. Mengasihi Barbie berarti mengasihi boneka kainnya. Ini adalah sebuah kesatuan. Suatu hari kami pergi berlibur dari rumah di Rockford, Illinois ke Canada. Kami sudah hampir menempuh seluruh perjalanan pulang, ketika di pebatasan Illinois kami menyadari bahwa Pandy tidak ada bersama dengan kami, Ia tertinggal di hotel di Canada. Tidak ada pilihan lain yang terpikir. Ayah kami memutar kembali mobilnya dan kami menempuh kembali perjalanan dari Illinois ke Canada. Kami adalah keluarga yang setia, bukan benar-benar keluarga yang bahagia mungkin, namun setia. Kami segera menuju hotel dan menanyakan kepada petugas lobi hotel-namun Pandy tidak ada. Kami berlari kembali ke kamar kami-Pandy tidak ada juga. Kami berlari ke ruang bawah dan masuk ke ruang cuci-ternyata Pandy ada disana, terbungkus seprai hampir saja dicuci hingga mati. Kasih Saudara perempuan saya kepada boneka tersebut membuatnya bersedia menempuh perjalanan ke sebuah kota yang jauh untuk menyelamatkannya. Tahun-tahun berlalu dan saudara perempuan saya menjadi semakin besar. Melebihi Pandy. Dia telah menggantikan kedudukan Pandy dengan seorang pacar bernama Andy ( yang anehnya juga tidak lebih menarik ketimbang Pandy ) Untuk beberapa waktu yang lama Pandy sudah tidak berharga lagi, dan sekarang satu-satunya hal yang logis yang dapat dilakukannya adalah membuangnya. Namun ibu saya tidak dapat melakukannya. Untuk terakhir kalinya ia memeluk Pandy, membungkusnya dengan hati-hati dengan beberapa kertas tissue meletakkan kedalam sebuah kotak dan menyimpannya di loteng selama 20 tahun. Ketika saya dalam masa pertumbuhan saya juga mempunyai berbagai macam boneka tetapi ibu saya tidak menyimpannya satupun. Namun ia menyimpan Pandy. Ingin tahu mengapa? ( Ketika saya masih muda saya berpikir mungkin karena ibu saya lebih mencintai saudara perempuan kecil saya yang bandel ketimbang saya) Tahun-tahun berlalu dan Barbie menikah ( bukan dengan Andy ) dan pindah ketempat yang jauh. Ia mempunyai tiga orang anak, yang terakhir bernama COURTNEY yang segera akan memasuki usia dimana ia menginginkan sebuah boneka. Tidak ada pilihan lain yang dapat dipikirkan, Barbie pulang ke Rockford dan kembali ke Loteng, menarik keluar kotak dimana Pandy disimpan. Ketika itu, Pandy lebih mirip potongan kain daripada boneka. Oleh karena itu saudara perempuan saya membawanya ke sebuah rumah sakit boneka di California ( dan herannya benar-benar ada tempat seperti ini )dan membiarkan Pandy dibedah ulang. Wajahnya dibedah, lemaknya disedot, atau apapun namanya, sehingga setelah 30 tahun lamanya Pandy menjadi cantik kembali sebagaimana yang selalu ada dalam pandangan orang yang mengasihinya. Saya tidak yakin bahwa Pandy lebih baik dipandangan Barbie, namun sekarang adalah mungkin untuk orang lain melihat Pandy sebagaimana Barbie melihatnya. Ketika Pandy masih baru, Barbie mengasihinya. Ia merayakan kecantikannya. Ketika Pandy menjadi tua dan usang Barbie tetap saja mengasihinya. Sekarang ia tidak begitu saja mengasihi Pandy karena kecantikannya, NAMUN IA MENGASIHI PANDI DENGAN KASIH YANG MEMBUAT PANDY CANTIK. Tahun-tahun berlalu lagi dan Courtney sudah menjadi remaja, dan Andy Jr. Sudah bersiap berada di telpon. Dan Pandy? Pandy siap untuk dimasukkan kembali kesebuah kotak yang lain. Story From Book "LOVE BEYOND REASON - JOHN ORTBERG" It's my perspective from that Story... Menurutku aku adalah boneka kain yang usang tersebut. Aku sadar aku memiliki banyak cacat dan luka, aku hancur dan bengkok. Menurutku dulu diriku tidak pernah diperhitungkan siapapun dalam pergaulan. Roma 3:23 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah Ya itu aku dan kita bukan??? Aku adalah seorang yang berdosa, dilahirkan dengan banyak ketidak sempurnaan. Dari kecil sakit-sakitan, tidak pernah diakui oleh lingkungan, memilki kecenderungan yang tidak baik. Ya bukankah kita ini manusia yang lemah, yang jahat yang lebih menyukai sesuatu yang tidak baik, sekalipun itu tidak baik. Kita memilih untuk menipu saat seharusnya kita mengatakan kebenaran, kita menggerutu disaat seharusnya memberikan pujian yang murah hati kepada orang lain. Kita tahu merokok tidak baik untuk kesehatan tetapi tetap saja kita membuat seribu satu macam dalih untuk memberikan "ijin moral" kepada kita nggak apa-apa merokok. Sex bebas before marriage yang terbukti telah meningkatkan perselingkuhan dan perceraian tetapi kita tetap saja ok... Ya itulah manusia... Diatas semua itu ada sesuatu yang paling membuatku bersyukur pernah ada dalam hidup ini. Hal tersebut adalah memang aku adalah sebuah boneka kain usang, tetapi aku adalah boneka kain usang milik ALLAH. Ia mengenal aku dan semua kelemahanku dan entah bagaimana ia tetap mengasihiku. Sejak aku mengenalnya aku sadar kelemahanku bukanlah sesuatu yang hal terpenting dalam hidupku. Tetapi lebih dari semua itu yang paling luar biasa. Hari ini aku menyadari apapun yang terjadi dalam hidupku setiap hal yang baik, setiap hal yang membuat orang terberkati oleh kehidupanku, penerimaan banyak orang kepadaku ... Aku selalu bilang SEMUA ITU ANUGERAH... Tetapi ada sesuatu yang lebih membuat aku bersyukur... Yaitu... Ketika Pandy masih baru, Barbie mengasihinya. Ia merayakan kecantikannya. Ketika Pandy menjadi tua dan usang Barbie tetap saja mengasihinya. Sekarang ia tidak begitu saja mengasihi Pandy karena kecantikannya, NAMUN IA MENGASIHI PANDI DENGAN KASIH YANG MEMBUAT PANDY CANTIK. Ketika JAFETo masih baru, YESUS mengasihinya. Ia merayakan kebaikkannya. Ketika JAFETo menjadi tua dan usang YESUS tetap saja mengasihinya. Sekarang ia tidak begitu saja mengasihi JAFETo karena kebaikkannya, NAMUN IA MENGASIHI JAFETo DENGAN KASIH YANG MEMBUAT JAFETo menjadi pribadi yang berbeda. Kasihnya dalam hidupku mengubahkanku. Benar sekali quote dari St. Augustine Kasih dapat mengubah kita menjadi pribadi yang berbeda ( yang lain ) Kasih itu yang mengubahkanku, itu yang membuatku semakin belajar setia, itu yang membuat aku bertahan dalam setiap perjalanan yang susah dalam hidupku... Apakah kamu juga mau menerima dan mempercayai kasihnya yang seperti itu? Pray and Ask Him to be Your Lord... You'll find it.. More Question yafetdaniel@gmail.com or Yahoo Messenger yafeto@yahoo.com

0 comments:

© Jafeto, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena