Destined To Be Great

Wednesday, August 5, 2009

Movie Review : Up "Look Up not Look Down"

Setelah sekian lama menantikan film yang bagus untuk ditonton, yang menghibur, yang mempunyai pesan moral yang menginspirasi kita yang menontonnya, akhirnya saya bertemu dengan salah satu film dambaan saya, cerita tentang "rumah terbang" berjudul UP.

Tapi tampaknya bukan hanya saya saja, film yang baru saja main di jakarta beberapa hari yang lalu itu masuk dalam ranking 25 dari 250 film terbaik versi The Internet Movie Database dengan rating 8.6 satu tingkat dibawah rating Lord of The Ring yang memiliki rating 8.7 dan dua tingkat dibanding the Dark Knight yang memiliki rating 8.8.

Saya sendiri menonton film ini sampai dua kali akhirnya, karena waktu menonton pertama kali film ini membuat saya sesak nafas, karena menahan perasaan sedih saat menonton film ini. Disaat orang lain tertawa karena adegan-adegan lucu saya malah merasakan rasa sesak dalam diri saya saat istri dari pemeran utamanya meninggal sampai terakhir.

Up bercerita tentang petualang hidup seorang pria bernama Carl Fredrickson. Dimulai dengan cerita Carl muda yang sangat mengidolakan seorang petualang bernama Charles Muntz. Yang bertemu dengan seorang Ellie muda yang punya jiwa petualang dan sangat bersemangat bernama Ellie. Mereka berdua memiliki impian yang sama, suatu hari pergi ke "Lost Land" di Amerika Selatan.


Kemudian mereka menikah dan mulai membangun hidup sebagai keluarga. Suatu hari ketika pada saat mereka ingin memiliki anak, dokter mem-vonis Ellie tidak bisa memiliki bayi. Demi menyemangati Ellie, Carl mengingatkan impian Ellie semasa kecilnya tentang the Lost Land di Amerika Selatan.



Mereka hidup bersama dan tak terasa 70 tahun berlalu dan Ellie meninggal. Akhirnya Carl berusaha untuk memenuhi janjinya terhadap Ellie yaitu berpetualang ke Lost Land. Dengan menggunakan rumah terbangnya, dan ditemani RUSSEL anak kecil berumur 8 tahun yang tidak sengaja terjebak bersamanya, kemudian dilanjutkan dengan pertemuan mereka dengan KEVIN seekor burung langka dan DUG anjing yang bisa bicara dimulailah petualangan UP...


Mengapa saya sangat menyukai UP? Bahkan saya menontonnya sampai dua kali. Mungkin karena UP menjadi reminder bagi bagian kehidupan yang agak saya lupakan. Menjadi seseorang yang sibuk bekerja dengan tuntutan pekerjaan yang menyibukkan dan ditambah kecepatan roda kehidupan JAKARTA, tampaknya membuat saya banyak melupakan nilai -nilai yang penting dalam kehidupan.

Selama menonton film ini saya seperti merefleksikan kehidupan saya dan membuat saya benar-benar mesti berpikir ulang tentang hidup dan bagaimana menjalani hidup saya. Berikut ini setidaknya nilai-nilai yang saya tangkap dari Up.

Hiduplah untuk memberi
Life to Love and Life To give, Cos Life is a Gift and Gift is Love.

Pepatah bijak berkata "Anda bisa memberi tanpa cinta tapi anda tidak akan pernah bisa mencintai tanpa memberi"

Carl dan Ellie membuat hidup mereka begitu bahagia, karena mereka selalu memberi yang terbaik pada pasangan mereka. Walaupun Carl adalah pria yang biasa saja dengan karir yang biasa tapi Ellie terus setia menemani Carl. Demikian juga Carl saat Ellie menghadapi fakta dia tak bisa memiliki anak, Carl setia mendampinginya.

Demikian juga Carl dan Russel, disaat mereka mulai menyayangi dan saling memberi, disitulah persahabatan yang terpaut jarak 62tahun bisa terjadi. Carl yang awalnya hanya memandang Russel sebagai anak kecil yang ribut dan merepotkan menjadi mulai menyayangi Russel setelah mengetahui alasan sesungguhnya kenapa Russel ingin mendapatkan lencana menolong orang tua.

Russel yang awalnya hanya ingin mendapatkan lencana agar menjadi Senior Wilderness Explorer (semacam pramuka) , menjadi menyayangi Carl dan berjuang menyelamatkan Carl, ketika orang tua ini hendak dibunuh oleh Charles Muntz.

http://thecia.com.au/reviews/u/images/up-1.jpg

BELAJARLAH SETIA

Sangat suka sekali dengan pesan moral yang satu ini. Disaat dunia ini semakin gila dengan kawin cerainya. Film ini membawa pesan moral tentang kesetiaan. Carl mengenal Ellie dari kecil, kemudian mereka menikah dan mautlah yang memisahkan mereka. Cinta yang didasari oleh kekuatan komitmen bukan sekedar penampilan fisik. Cinta yang didasari penerimaan satu sama lain, ketika perbedaan bukanlah penyebab konflik, tapi menjadi kekuatan untuk saling melengkapi.

JANGAN PERNAH MELUPAKAN IMPIAN ANDA

Carl, Ellie dan Lost Land adalah suatu yang tidak terpisahkan. Impian untuk mencapai Lost Land membuat Carl memiliki kekuatan yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Seorang kakek berusia 70tahun meninggalkan kota tempat tinggalnya mencapai Lost Land di Amerika Selatan dengan menerbangkan rumahnya menggunakan balon, mengalami petualangan seru di Lost Land semua karena dia memiliki impian bersama orang yang dicintainya.

Ada sebuah quote berkata "Anda tidak akan pernah lebih besar dari apa yang anda impikan", sebab benar Impian kitalah yang membuat kita memiliki tujuan dalam menjalani kehidupan.

FIND YOUR OWN ADVENTURE

Ada suatu moment, dimana Carl akhirnya sampai di air terjun tempat yang menjadi Impian dia dan Ellie, kemudian dia melihat buku petualangan milik si Ellie waktu kecil. Ada satu lembar "Stuff Im Going To Do", dan Carl melihat "petualangan" milik Ellie yaitu kehidupan yang dijalaninya dengan Carl. Diakhir lembaran itu Ellie menulis "Find Your Own Adventure Carl", karena selama ini Carl hidup dalam petualangan milik dia dan Ellie, sehingga saat Ellie tidak ada lagi, dia kehilangan hal penting dalam hidupnya. Dan akhirnya dia menemukan petualangan barunya yaitu menolong Kevin si burung yang langka dan menjadi sahabat dari si RUSSEL bocah umur 8 tahun.

ENJOY YOUR LIFE NOW
HIDUPLAH DIMASA SEKARANG,JANGAN TERJEBAK DIMASA LALU ATAU BERANGAN DIMASA DEPAN

Mungkin point ini baru kudapat setelah aku nonton film ini untuk kedua kalinya. Carl terjebak dikehidupan masa lalunya, sehingga tidak dapat menikmati kehidupan yang sekarang. Setelah Ellie meninggal Carl tidak dapat lagi meneruskan hidupnya. Dia kehilangan semangat dan gairah hidupnya. Sebagian dirinya mati bersama Ellie...

Sampai titik dimana dia membaca buku Ellie dan menerima pesan Ellie "Find your Own Adventure Carl" Disitulah dia mulai melepaskan diri dari masa lalu dan mulai lagi menjalani kehidupannya yang sekarang. Waktu Russel minta maaf karena Rumahnya hilang, jatuh dari kapal milik Charles Muntz, akhir Carl bisa berkata "ITs oke, its just a house"

Jujur hal ini benar-benar mengenai diriku dalam sekali. Masa laluku kadang membuatku takut untuk melangkah. Kadang sebagian diriku masih berkata aku tidak bisa, karena berkaca pada hal-hal yang dulu pernah kualami. Tapi aku sadar MASA LALU ADALAH MASA LALU, DIA TIDAK BOLEH MEMPENGARUHI HARI INI DAN MENGACAUKAN MASA DEPAN...


Buat anda yang belum menonton, Up really recomended... Have a blessed day ^^

Dapatkan Artikel saya langsung ke email anda, masukkan email anda :


2 comments:

Fanda said...

Ulasan dan permenungan yg bagus Jaf! Aku paling suka yg: Hiduplah untuk Memberi, karena itulah tujuan hidup kita, untuk menjadi berkat buat sesama kita. Bravo!
Btw, aku udah vote buat kamu.
Ada artikel baru, ditunggu komennya yah..

Jafeto said...

Tq Fan :D untuk supportnya :D
Jaf sudah lama gak blogging but Thx really thx I appreciate it :D
Aku ke tkp ya Fan ^^

© Jafeto, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena