Destined To Be Great

Thursday, May 7, 2009

The Peace Words

http://th01.deviantart.com/fs6/300W/f/2006/353/e/8/dont_speak_by_PiZZaDreaMs.jpgPerkataan adalah sesuatu yang mudah untuk diucapkan begitu saja, tetapi sulit untuk diketahui sesungguhnya apa pengaruhnya bagi orang yang mendengarkan.

Entah kenapa perkataan menjadi sesuatu yang kuperhatikan oleh diriku akhir-akhir ini. Tapi memang hal itu meyakinkanku untuk menulis sebuah tulisan tentang perkataan.

Diawali tadi siang dalam sebuah percakapan dengan seorang teman
Teman : "Sorry Jaf, boleh ngasih masukan tidak ya?"
Jaf : "Apa??? Please, Im open with it..."
Teman : "Ada teman kamu siapa itu namanya ( menyebut sebuah nama) aku merasa tidak oke dengan cara dia bercanda dengan seorang cewek."
Jaf : "Maksudnya ??? Can u explain it??"
Teman : "Dia mengatai temannya itu kingkong or something. Some a harsh word. I think we're son of God so we supposed to be different. Dan sama saja aku melihat temannya yang satunya membalas dengan kata-kata yang sama kasarnya..."

* for note teman yang ngomong ini adalah seorang teman baru saja berkumpul dalam komunitas kami...

In other case, malam ini setelah pulang komsel saya membaca sebuah blog milik salah satu teman blogger yang jauh lebih terkenal dan memang tulisannya bagus hehehe... Si Margaritha yang menjadi tidak yakin dengan dirinya sendiri, tentang apa yang tengah ia bangun dalam hidupnya untuk menjadi lebih baik, karena komentar rekan yang lain yang mengunjungi blog dia dan memberikan komen yang tidak membangun. Yang memberikan suatu penghakiman terhadap apa yang dia tulis...

Dipandangan saya yang membaca setiap postingannya dan selalu berharap agar dia cepat menulis supaya ada sesuatu yang ringan, menghibur dan membuat saya bisa lepas dari kepenatan, dia selalu menulis sesuatu dengan baik, jujur, dan wajar. Tidak arogan juga tidak bermaksud menyakiti, bahkan saya membaca bahwa blog tulisannya di pakai oleh kompas untuk menjadi salah satu blog yang mewakili suara hati orang indonesia di singapura ketika David Hartanto meninggal disana yang masih diperdebatkan kisahnya, tulisannya mewakili secara jujur apa yang dialaminya ketika tinggal disana (dan dijaman dimana semua memakai make up, berapa banyak orang masih berani jujur). Tetapi sekali lagi karena sebuah perkataan yang tidak pada tempatnya, sehingga hal tersebut bisa mematahkan semangat seseorang.

Dimata saya, sama seperti semua orang tidak sempurna, dia juga tidak sempurna dan ada hal-hal yang perlu diperbaiki, tetapi like bible said "A word fitly spoken and in due season is like apples of gold in settings of silver." Mengatakan sesuatu tepat pada waktunya adalah sesuatu yang mahal harganya. Bukan berarti jika ada yang salah kita berhak mengucapkan komentar begitu saja tanpa melihat situasi atau kondisi, tepat ataukah tidak.

Dalam versi bahasa indonesia sehari-hari dalam kitab Amsal 15:4 tertulis "Kata-kata yang baik menambah semangat, kata-kata yang menyakitkan melemahkan hasrat." Dan ini membuat saya semakin yakin bahwa saya harus memperhatikan perkataan saya. Apa yang keluar dari mulut saya. Pernahkan kita berpikir bahwa kita harus bertanggung jawab dengan kata-kata kita sehingga setiap kali kita berkata-kata kita harus sadar bahwa apa yang kita ucapkan memiliki pengaruh yang sangat hebat terhadap diri kita dan orang lain.

Speak Up for Peace by * Honest *.Ketika diri kita atau orang lain sedang dalam kondisi yang ragu-ragu, tengah membutuhkan support, kemudian kita datang dengan kritik, maka matilah impian atau motivasinya untuk maju. Tetapi jika diri kita atau orang lain tengah bimbang, ragu, patah semangat, tapi kita memperkatakan hal yang baik, saya percaya itu akan menimbulkan semangat dan kepercayaan diri bagi yang mendengarnya.

Saya jadi merenung, perkataan macam apakah yang muncul dari mulut saya. Perkataan yang baik sehingga menambah semangat ataukah kata-kata yang menyakitkan yang melemahkan hasrat? Berapa banyak dalam hidup saya, saya berkata-kata dengan baik, sehingga diri saya dan orang-orang disekitar saya mendapatkan motivasi dan bisa menjadi maju karenanya. Juga sebaliknya, berapa banyak dalam hidup saya, juga orang-orang disekitar saya menjadi patah semangat karena saya mengucapkan kata-kata yang menyakitkan.

Tapi hari ini saya menemukan beberapa hal bahwa perkataan yang membangun membuat hidup beberapa orang disekitar saya berubah.

Anak sel saya akhirnya berani untuk maju dalam Audisi disebuah Talent Artist, karena saya berusaha terus untuk memotivasi dan mendorongnya untuk maju. Dan akhirnya dia lolos casting...

Atau seorang lagi berani mengikuti kontes L-Men karena saya dan teman-teman mendukung dia untuk maju terus, padahal dia bercerita bahwa ketika dia ingin ikut kontes sebenarnya hanyalah sesuatu yang asal diucapkan saja...

Atau seorang yang lain lagi yang sudah berencana tidak datang Cell Group, tetapi karena saya memotivasi dia, akhirnya perkataan yang baik itu membuat dia mau datang ke dalam cell group dan membuat dirinya termotivasi dengan baik.

Perbaiki perkataan kita ada kuasa didalamnya, dia bisa membangkitkan banyak kehidupan atau sebaliknya mematikannya...

Better than a thousand hollow words, is one word that brings peace.

Buddha quotes (Hindu Prince Gautama Siddharta, the founder of Buddhism, 563-483 B.C.)

Yakobus 1 : 26
Jikalau ada seorang menganggap dirinya beribadah, tetapi tidak mengekang lidahnya, ia menipu dirinya sendiri, maka sia-sialah ibadahnya.
Yakobus 3 : 5 - 6
Demikian juga lidah, walaupun suatu anggota kecil dari tubuh, namun dapat memegahkan perkara-perkara yang besar. Lihatlah, betapapun kecilnya api, ia dapat membakar hutan yang besar.
Lidahpun adalah api; ia merupakan suatu dunia kejahatan dan mengambil tempat di antara anggota-anggota tubuh kita sebagai sesuatu yang dapat menodai seluruh tubuh dan menyalakan roda kehidupan kita, sedang ia sendiri dinyalakan oleh api neraka.


Komentar dan masukkan anda sangat saya harapkan. Leave comment please for my post.. Thx a lot

Dapatkan Artikel saya langsung ke email anda, masukkan email anda :



TRANSLATE TO ENGLISH

14 comments:

elos said...

yeah right, kadang cuman beberapa kata, entah itu baik atau buruk, bisa mempengaruhi kehidupan kiTA selama seharian bahkan selamanya, entah itu membuat bad mood, good mood atau bahkan kepahitan. So lets taking care of our cangkem..hehehe

Recent blog post: FIrst Time

Yafet Daniel Kristian said...

hahahaha... bener Los... Tapi susah ya memang :)

ms. Stefanie said...

hahaha... what a nice article...
setiap perkataan mempengaruhi karakter seseorang...
bukannya kita diutus sama Tuhan menjadi perpanjangan lidahnya Tuhan, imamat rajaninya Allah. kalau kita punya perkataannya sama seperti orang dunia berarti kita gak memegang peranan yang Tuhan kasih ke kita.
hehe

GBU

Yafet Daniel Kristian said...

Ya kan lidah adalah api dari neraka hauhauhahauha

novi said...

intinya adalah kontrol!!
karena kadang-kadang perkataan juga bisa jadi cambuk untuk orang lain supaya maju..
di sinilah kita perlu kontrol diri, kepada siapa kita bicara, sifat/tipe orang yang diajak bicara, bahkan situasinya..
;)

Yafet Daniel Kristian said...

nOVI :)
semakin dewasa kamu sekarang... Keren :D
Kagum ...
^^

Elmo said...

seringkali saat "bercanda" aku ngrasa suka lepas kontrol sehingga melupakan perasaan orang.
saat seseorang kondisinya baik-baik mungkin nggak akan berpengaruh yang besar.Tapi disaat kondisi seseorang sedang butuh dukungan, kalimat "guyonan" akan diterima sebagai penghinaan akibatnya meruntuhkan semangat yang sedang dibangun.
Jadi tulisan ini benar2 mengingatkanku sebaiknya aku memilih menjadi penonton eropa yg memberi semangat & menguatkan mental ^^

Yafet Daniel Kristian said...

penonton eropa?? Apalagi ituw hhehehehehe

merry.cn said...

yup bener banget fet.......
merry barusan 'terbentur' dengan masalah seperti itu......
merry ubah pemikiran merry bahwa perkataan dari temen yang 'menyakitkan' itu tanda kasihnya dia terhadap merry.
ambil sisi positif dari setiap perkataan orang lain ke kita
JBU

Yafet Daniel Kristian said...

baguslah kalo begitu mer...
Untung kamu bisa dewasa dan mengambil sikap yang benar, tetapi begitu banyak orang-orang yang akhirnya jadi patah semangat karena masalah kek begini... so sad...

Nancy said...

Hai, Jafeto! Nice to know you. TErima kasih sudah mampir ke blog saya dan majangin link-nya disini.
Sungguh, you're doing a good job dgn menulis artikel2 yg bermutu.

Jafeto said...

Hi MBak Nancy, Tq sudah berkunjung balik. Sangat senang membaca tulisan mbak Nancy. Inspiring a lot. Suka tentang tulisan bout tsunami itu juga...

Tq untuk complimentnya. ^^

margarittta said...

Halooo Jafeto!! Wah, saya disebut...hehehehe...thanks for this article, it's really great that each person could take different view from one issue. It makes the whole world more complete! Kayak blog Jafeto ini mengisi banyak aspek dari sisi spiritual, wah, kalau saya, mana bisa nulis begitu, kitab suci saja ga hafal!hehehe...Tapi dengan artikel ini, saya jadi dapat pandangan lain tentang 'perkataan'. Keep blogging ya!!

Jafeto said...

Hem... Aku suka belajar Mar, dan membaca tulisan-tulisanmu seperti melihat sebuah mobil dari sudut yang berbeda, bikin gue bisa liat hal-hal yang gak bisa gue liat...

Tq Marr, so surpise get ur comment ahahahahah... Tq

© Jafeto, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena